Kamis, 20 November 2014

TUGAS MANAJEMEN PROYEK (FACE MANAJEMEN PROYEK)

Perencanaan
Perencanaan adalah membuat semua rencana yang berkaitan dengan proyek sistem informasi. kalau kita ingin membangun rumah maka kita akan melakukan perencanaan bagaimana pondasinya , bagaimana struktur bangunannya, mau memakai material apa saja, apa warna dindingnya, tak ketinggalakan pula merencanakan anggaran budget yang harus kita keluarkan. begitu pula untuk membangun sistem informasi, sistem informasi apa saja, sistem informasi HRD, Logistik, Finance semuanya harus direncanakan. Dalam perencanaan, hampir semua pihak yang terlibat dalam proyek sistem informasi harus diikutsertakan, mulai manajer proyek (Project Manager) , user, calon pengguna sistem informasi, Busines Process Analyst , Sistem Analyst, Programmer sampai Tester.
Pemeograman
Dalam membuat program, pemrograman adalah pokok dari proses pembuatan program itu sendiri namun pemrograman bergantung dari pemahaman persoalan, analisis sistem, perencanaan-perencanaan  dalam mendesain program itu sendiri.Selain pemrograman hal yang utama harus dilakukan adalah merencanakan langkah-langkah yang harus diambil  dalam menyelesaikan masalah. Karena dengan mengetahui masalah dan langkah-langkah penyelesaikan berarti kita sudah menyelesaikan   program   tersebut   sebanyak  50% dari total pekerjaan, selanjutnya adalah teknis pembuatan itu sendiri yang di kenal dengan pemrograman/koding.Sebaliknya jika kita tidak bisa mengetahui masalah dan belum bisa membuat perencanaan berarti kita sudah merencanakan kegalan itu sendiri.
Penganggaran
Merupakan nilai-nilai ekonomi yang akan di beban kepada client atau biaya pembuatan suatu progaram maupun pengembangan suatu sistem yang nanti akan di rincikan dan di sepakati oleh perusahaan dengan clientnya yang berupa kontrak kerja dan mempuyai payung hukum agar dapat mengantisipasi terjadinya resiko kerugian dan pengerjaan tidak terselesaikan..
Pengadaan
Dalam pengaadaan ini biasanya menyiapa segala sesuatunya yang akan di gunakan dalam proses pembuatan suatu proyek yang nantinya bisa berjalan sesuai dengan aturan atau manajemen suatu proyek tersebut hingga dapat berjalan sesuai dengan yang di harapkan.
Pelaksanaan kontrak dan pembayaran
Pelaksanaan kontrak akan berjalan bila adanya pembayaran serta kesepakatan antara perusahaan dengan clientnya bagaimana proyek tersebut berjalan dengan baik tampa adanya kendala ataupun masalah.
Penyerahan pekerjaan selesai
            Penyerahan suatu proyek kepada clientnya apabila suatu proyek tersebut telah selesai dalam pengerjaanya dan pembayaran semua biasanya juga dan memberikan garansi atau jaminan serta memberikan sebuah pelatihan kepada clientnya dalam penggunaan maupun dalam pemilihaaraanya.
Pemanfaatan dan pemeliharaan
Pemanafaatan dapat di rasa setelah adanya pemekaian yang memudahkan penggunanya dalam mengskses sebuah informasi biasa nya yang sulit di temukan dan harus menunggu lama dalam proses informasinya  dan pemelihaaran dapat dilakukan dengan cara mengaudit sistem tersebut agar kita dapat mengetahui di mana kelemahan sebuah sistem tersebut dan dapat di perbaiki secepatnya baik dalam pengamanan data maupun yang lain sebagainya.
Contoh mini Proyek pengembangan sistem informasi studi kasus dalam pelaksaan pembuatan website
Dibawah ini merupakan tahap-tahap yang penerjaanya:
Tahap 1
Perencanaan
Dalam tahap perencanaan kami membanguanan Website ini akan menyita waktu selama 1 bulan sejak data yang akan dipublikasikan kami terima.
Tahapan pelaksanaan pembangunan website adalah sebagai berikut:
Tahap persiapan
    • Kesepakatan antara kedua belah pihak (client dan KonPerSi)
    • Penunjukan penanggung jawab kontak informasi dari client kepada manager . Untuk selanjutnya        KonPerSi akan bekomunikasi dengan pj kontak informasi tersebut
    • Pj kontak informasi mengumpulkan data dan informasi berupa arsip dokumen dan foto/gambar.
Tahap 2
Pemeograman
v  Perancangan struktur konten
v  Desain grafis website dan aplikasinya
v  Pendaftaran domain, hosting server, dan uploading
Tahap 3
Penganggaran
Biaya jasa pembuatan website paket Website interaktif yang kami tawarkan adalah ini adalah Rp.5.000.000,- (penawaran website termurah, silahkan anda bertanya jasa pembuatan website ke tempat lain sebagai perbandingan) termasuk biaya domain dan hosting. Untuk Pembayaran sebesar 50% dibayar dimuka dan sisanya dibayar sebulan kemudian bila pekerjaan telah rampung.Biaya pembuatan website:
Biaya tahun pertama:
Keterangan Satuan Biaya Satuan Jumlah
1.  Biaya domain
     ex: Smuxx.com, smuxx.org, smuxx.info Per tahun Rp 350.000,- Rp 350.000,-
2.  Biaya registrasi Hosting
      Bandwith 10 GB
      Space 100 MB
      MySQL database unlimited Per tahun Rp 650.000,- Rp 650.000,-
3.  Biaya pembuatan website Sekali Rp 3.850.000,- Rp 3.850.000,-
4.  Jasa training administrator 2 orang Sekali Rp 100.000,- Rp 100.000,-
5.  Pembuatan buku panduan dan CD Sekali Rp 50.000,- Rp 50.000,-
      Jumlah Rp 5.000.000,-
Biaya tahun kedua dan tahun berikutnya adalah Rp 1.000.000,- (hanya membayar biaya sewa domain dan hosting).
Tahap 4
Pengadaan
Tahap pengadaan ini Perancangan sistem teknologi informasi seharusnya melibatkan beberapa personil / pihak yang terlibat seperti :
  1. Spesialis Pengendali Sistem Teknologi Informasi
  2. Penjamin Kualitas sistem
  3. Spesialis Komunikasi Data
  4. Pengguna Sistem Teknologi Informasi (User)
Serta dalam tahap ini menyiapkan segala sesuatunya yang akan di gunakan dalam pembuatan website tersebut sehingga dapat memhemat waktu dan pengerjaanya selesai tepat waktu tampa harus adaya nya tambahan biaya lainnya.
Tahap 5
Pelaksanaan kontrak dan pembayaran
Pelaksaan kontak dan pembuatan website berjalan setelah adanya pembayaran 50% dari biaya pembuatan website tersebut dan adanya hitam diatas putih atau yang biasa disebut dengan kotrak yang tertulis dan dapat di pertanggung jawaban oleh vendor dan clientnya.
Tahap 6
Penyerahan pekerjaan selesai
Penyerah website di lakukan setelah adanya pembayaran keseluruhan dari biaya pembuatan website tersebut dan telah melalui pengetesan dan memberikan garansi serta memberikan peatihan terhadap client tersebut.
Tahap 7
Pemanfaatan dan pemeliharaan
Pemeliharaan system ialah menyesuaikan dan meningkatkan system dengan cara melakukan audit dan evaluasi secara periodic dan dengan membuat perubahan berdasarkan kondisi-kondisi baru. Meskipun pengonversian sudah lengkap, bahkan pengguna sudah dilatih, system tidak bisa berjalan dengan sendirinya. Inilah tahap dimana system harus dimonitor untuk memastikan bahwa system itu berhasil. Pemeliharaan tidak hanya menjaga agar website tetap berjalan, namun juga meng-upgrade dan meng-update system agar bisa berjalan dengan baik dan semestinya.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar