Senin, 17 November 2014

CONTOH PROPOSAL KERJA PRAKTEK

1.     Latar Belakang
Penggunaan teknologi informasi telah dilakukan secara menyeluruh pada semua aspek kehidupan. Perkembangan teknologi pada saat ini terjadi sangat cepat.Hal itu ditandai dengan semakin cangginya peralatan sarana dan prasarana yang mendukung setiap kegiatan dalam pemenuhan kebutuhan manusia. Begitu pula perkembangan teknologi informasi, berbagai akses serasa lebih mudah dan cepat. Penggunaan teknologi informasi ditentukan oleh berbagai faktor, antara lain yang sangat mempengaruhi optimalisasi penggunaan teknologi informasi adalah ketersediaan perangkat ( Natigor, 2004). Kebutuhan akan perangkat teknologi informasi berkembang seiring dengan kemajuan organisasi. Faktor availability dan keandalan dari perangkat teknologi informasi juga umumnya akan menjdi sangat penting karena aspek ketergantungan terhadap teknologi informasi juga semakin besar. oleh karena itu perlu diadakan evaluasi terhadap kebutuhan perangkat teknologi informasi ( Albarda, 2006 ). Salah satu perangkat yang digunakan dalam penerapan teknologi informasi adalah komputer. Manfaat dari penggunaan komputer antara lain yaitu memudahan pekerjaan sehari hari baik dalam urusan administrasi maupun perhitungan konstruksi, dan menjadikan pekerjaan yang dapat dikerjakan dengan lebih cepat.
Walikota Pekanbaru merupakan suatu instansi pemerintahan yang sangat berpengaruh bagi pemerintahan kota pekanbaru, yang mana di kantor walikota terutama di bagian sektetariat tersebut selalu melakukan perumusan – perumusan APBD yang mana pekerjaan tersebut menggunakan komputer dan saling terkoneksi dengan yang lainnya. Terutama di bagian keuangan, yang mana kegiatan yang dilakukan selalu berhubungan dengan perhitungan dan pengarsipan surat- menyurat, dan juga berhubungan dengan sistem juga, serta merekap satuan kerja perangkat daerah (SKPD).
Dari latarbelakang diatas, diangkat judul “PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP KINERJA PEGAWAI BAGIAN KEUANGAN DI ............... ”.
2.     Rumusan Masalah
Berdasarkan dari latar belakang permasalahan di atas, maka dibuat rumusan  masalah yaitu seberapa besar pengaruh penggunaan teknologi informasi terhadap kinerja para pegawai di Kantor Walikota Pekanbaru.

3.     Batasan Masalah
Adapun yang menjadi batasan masalahnya adalah :
1.      Menentukan manfaat pengunaan teknologi terhadap kinerja pegawai bagian di keuangan sekretariat walikota pekanbaru.

4.     Tujuan Kerja Praktek
Tujuan pelaksanaan kerja praktek ini adalah :
a.      Tujuan Umum : 
1.      Memenuhi persyaratan kurikulum Jurusan Sistem Informasi Fakultas Sains & Teknologi Universitas Islam Negeri Suska Riau.
2.      Melatih mahasiswa bekerja secara professional, disiplin, mandiri dan mampu berkomunikasi dengan baik.
3.      Mempersiapkan mahasiswa menjadi lulusan yang berpotensi dan mempunyai pengalaman di dunia kerja.
4.      Mempraktekkan secara langsung ilmu yang telah didapat dari bangku perkuliahan ke dalam dunia kerja
b.      Tujuan Khusus :
Adapun tujuan khusus kerja praktek ini adalah mempelajari sejauh mana teknologi informasi dapat dimanfaatkan dan berpengaruh  di Kantor Walikota Pekanbaru.
5.     Waktu dan Tempat Kerja Praktek
Kerja praktek ini dilaksanakan pada :
Waktu      : 26 Oktober 2013  s/d 26 November 2013
Tempat     : Kantor Walikota Pekanbaru
  Jl. Sudirman No. 464 Pekanbaru
6.     Studi Kepustakaan
Defenisi Teknologi Informasi
Teknologi Informasi (TI), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information technology (IT) adalah istilah umum untuk teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. TI menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel). Dalam konteks bisnis, Information Technology Association of America menjelaskan.
Pengolahan, penyimpanan dan penyebaran vokal, informasi bergambar, teks dan numerik oleh mikroelektronika berbasis kombinasi komputasi dan telekomunikasi. Istilah dalam pengertian modern pertama kali muncul dalam sebuah artikel 1958 yang diterbitkan dalam Harvard Business Review, di mana penulis Leavitt dan Whisler berkomentar bahwa "teknologi baru belum memiliki nama tunggal yang didirikan. Kita akan menyebutnya teknologi informasi (TI). ".Beberapa bidang modern dan muncul teknologi informasi adalah generasi berikutnya teknologi web, bioinformatika, ''Cloud Computing'', sistem informasi global, Skala besar basis pengetahuan dan lain-lain.
Defenisi Kinerja
Kinerja dalam organisasi merupakan jawaban dari berhasil atau tidaknya tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Para atasan atau manajer sering tidak memperhatikan kecuali sudah amat buruk atau segala sesuatu jadi serba salah. Terlalu sering manajer tidak mengetahui betapa buruknya kinerja telah merosot sehingga perusahaan / instansi menghadapi krisis yang serius. Kesan – kesan buruk organisasi yang mendalam berakibat dan mengabaikan tanda – tanda peringatan adanya kinerja yang merosot.
Menurut para ahli kinerja itu ialah sebagai berikut :
1.      Kinerja menurut Anwar Prabu Mangkunegara (2000 : 67)
Kinerja ( prestasi kerja ) adalah hasil kerja secara kualitas dan kuantitas yang dicapai oleh seseorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan kepadanya.
2.      Kemudian menurut Ambar Teguh Sulistiyani (2003 : 223)
Kinerja seseorang merupakan kombinasi dari kemampuan, usaha dan kesempatan yang dapat dinilai dari hasil kerjanya.
3.      Maluyu S.P. Hasibuan (2001:34)
Kinerja (prestasi kerja) adalah suatu hasil kerja yang dicapai seseorang dalam melaksanakan tugas tugas yang dibebankan kepadanya yang didasarkan atas kecakapan, pengalaman dan kesungguhan serta waktu.
4.      Menurut John Whitmore (1997 : 104)
Kinerja adalah pelaksanaan fungsi-fungsi yang dituntut dari seseorang,kinerja adalah suatu perbuatan, suatu prestasi, suatu pameran umum ketrampikan.
5.      Menurut Barry Cushway (2002 : 1998)
Kinerja adalah menilai bagaimana seseorang telah bekerja dibandingkan dengan target yang telah ditentukan.
6.      Menurut Veizal Rivai ( 2004 : 309) mengemukakan kinerja adalah :
Merupakan perilaku yang nyata yang ditampilkan setiap orang sebagai prestasi kerja yang dihasilkan oleh karyawan sesuai dengan perannya dalam perusahaan.
7.      Menurut Robert L. Mathis dan John H. Jackson Terjamahaan Jimmy Sadeli dan Bayu Prawira (2001 : 78)
Menyatakan bahwa kinerja pada dasarnya adalah apa yang dilakukan atau tidak dilakukan karyawan.
8.      Menurut John Witmore dalam Coaching for Perfomance (1997 : 104) Kinerja adalah pelaksanaan fungsi-fungsi yang dituntut dari seorang atau suatu perbuatan, suatu prestasi, suatu pameran umum keterampilan.
Kinerja merupakan suatu kondisi yang harus diketahui dan dikonfirmasikan kepada pihak tertentu untuk mengetahui tingkat pencapaian hasil suatu instansi dihubungkan dengan visi yang diemban suatu organisasi atau perusahaan serta mengetahui dampak positif dan negatif dari suatu kebijakan operasional. Mink (1993 : 76) mengemukakan pendapatnya bahwa individu yang memiliki kinerja yang tinggi memiliki beberapa karakteristik, yaitu diantaranya:
a.    berorientasi pada prestasi
b.   memiliki percaya diri
c.     berperngendalian diri
d.   kompetensi.
  
9.     Rencana Kerja
            Kerja Praktek dilaksanakan selama tiga bulan, dengan rincian pengerjaan sebagai berikut :
Tabel Jadwal Pengerjaan Kerja Praktek
No
Kegiatan
Pengerjaan dalam Hitungan Bulan
Oktober
November
Desember
Januari
II
III
IV
I
II
III
IV
I
II
III
IV
I
II
1.
Pengajuan Proposal













2.
Observasi













3.
Wawancara dan pengambilan data yang diperlukan













4.
Penyebaran angket













5.
Laporan













6.
Seminar KP















Daftar Pustaka

http://eprints.uns.ac.id/10726/1/190111011201112411.pdf di akses tanggal 11 Oktober 2013, jam 10.00
http://eprints.undip.ac.id/17986/1/JOHANNA_MUDJIATI.pdf di akses tanggal 11 Oktober 2013, jam 12.00
http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi di akses tanggal 11 Oktober 2013, jam 13.00
http://id.wikipedia.org/wiki/Kinerja di akses tanggal 11 Oktober 2013, Jam 13.10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar