Selasa, 02 Desember 2014

TUGAS GIS (Peranan Teknologi Informasi Dalam Geographical Information System)


           Bayangkan betapa mudahnya bila hanya dengan menekan tombol atau me-klik mousekita dapat mengetahui informasi apa saja yang ada di suatu lokasi tertentu di muka bumi. Sebagai contoh kita me-klik mousepada suatu koordinat tertentu di muka bumi, dengan seketika komputer akan menampilkan obyek apa yang ada pada titik tersebut lengkap dengan berbagai keterangan yang berkaitan dengan obyek tersebut. Teknologi yang menjadikan komputer dapat beroperasi sedemikian rupa dinamakan dengan teknologi Geographic Information System (GIS). Dalam definisi yang lebih spesifik GIS adalah :

A GIS is a computer system capable of capturing, storing, analyzing, and
displaying geographically referenced information; that  is, data identified
according to location.


atau sistem komputer yang mempunyai kemampuan untuk mengambil gambar, menganalisa dan menampilkan informasi tereferensi secara geografis, yakni data diidentifikasikan menurut lokasinya. Pada dasarnya GIS mengkombinasikan citra peta dengan berbagai macam informasi lainnya.

Apa itu GIS?
            GIS adalah singkatan dari Geographic Information System yang merupakan suatu alat yang dapat digunakan untuk mengelola (input, manajemen, dan output) data spasial atau data yang bereferensi geografis. Setiap data yang merujuk lokasi di permukaan bumi dapat disebut sebagai data spasial bereferensi geografis. Data GIS dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu data grafis dan data atribut atau tabular. Data grafis adalah data yang menggambarkan bentuk atau kenampakan objek di perukaan bumi. Sedangkan data tabular adalah data deskriptif yang menyatakan nilai dari data grafis tersebut.       
            GIS merupakan suatu sistem berbasis pendekatan spasial yang kini banyak digunakan dalam berbagai bidang. Dalam bidang pengelolaan sumber daya alam, GIS digunakan dalam inventarisasi, manajemen, dan kesesuaian lahan untuk pertanian, perkebunan, kehutanan, perencanaan tata guna lahan, analisis daerah rawan bencana alam, dan sebagainya. Dalam bidang kependudukan, GIS berguna untuk penyusunan data pokok, penyediaan informasi kependudukan/sensus dan sosial ekonomi.
            Menurut Prahasto (2003), SIG atau Sistem Informasi Geografi adalah suatu sistem informasi yang dirancang untuk bekerja dengan data yang bereferensi spasial atau berkoordinat geografi atau dengan kata lain SIG merupakan suatu sistem basis data dengan kemampuan khusus untuk menangani data yang bereferensi keuangan (spasial) bersamaan dengan seperangkat operasi kerja.
            Menurut Murai (2000), GIS merupakan sistem informasi yang digunakan untuk memasukkan, menyimpan, memanggil kembali, mengolah, menganalisis, dan menghasilkan data bereferensi geografis atau data geospasial, untuk mendukung pengambilan keputusan dalam perencanaan dan pengelolaan penggunaan lahan, sumber daya alam, lingkungan, transportasi, fasilitas kota,dan pelayanan umum lainnya.
            GIS sebagai suatu kumpulan yang terorganisir dari perangkat keras komputer, perangkat lunak, data geografi, dan personil yang dirancang secara efisien untuk memperoleh, menyimpan, mengupdate, memanipulasi, menganalisis, dan menampilkan semua bentuk informasi yangbereferensi geografi.
            GIS ini telah banyak membantu para ahli dalam mengumpulkan data secara cepat. Misalnya dalam mengetahui seberapa besar kerusakan yang diakibatkan tsunami di Aceh beberapa tahun yang lalu. Pencitraan jarak jauh lewat satelit dapat memberitakan secara cepat perbedaan ujung utara pulau Sumatera itu sebelum dan sesudah terjadinya tsunami.
            Sumber data untuk keperluan GIS dapat berasal dari data citra, data lapangan, survey kelautan, peta, sosial ekonomi, dan GPS. Selanjutnya diolah di laboratorium atau studio GIS dengan software tertentu sesuai dengan kebutuhannya untuk menghasilkan produk berupa informasi yang berguna, bisa berupa peta konvensional, maupun peta digital sesuai keperluan user, maka harus ada input kebutuhan yang diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar